Sabtu, 14 Juli 2012

Perbedaan antara strategi, metode, teknik, taktik dan desain pembelajaran

         
 Suatu istilah kadang membingungkan seperti istilah: strategi,metode, teknik, taktik dan model pembelajaran. Sepintas istilah-istilah tersebut hampir sama, namun jika dikaji lebih dalam dan lebih dalam lagi kita akan menemukan bahwa ternyata istilah-istilah tersebut dapat dibedakan dengan mudah tentunya.

1. Strategi pembelajaran adalah suatu keseluruhan taktik  yang akan diterapkan dalam pembelajaran yang masih berupa konsep, jadi sifatnya masih berwujud draf dalam keseluruhan proses pembelajaran.
2. Metode pembelajaran adalah suatu cara yang digunakan dalam penyampaian materi pembelajaran  kepada siswa (misalnya guru dalam menyampaikan materi sejarah islam dengan ceramah). Suatu contoh dalam penyusunan strategi memang metode ceramahlah yang akan digunakan dalam penyampaian materi sejarah islam. Jadi metode dapat dikatakan sebagai implementasi dari strategi pembelajaran.
3. Teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara tertentu dalam menggunakan metode ceramah. Misalnya jika siswanya banyak maka guru berbicara agak keras tetapi jelas. Jika siswanya sedikit cukup dengan suara yang sedang-sedang saja. Atau dalam menggunakan metode ceramah diselingi dengan sapaan atau pujian atau humor dan sebagainya untuk menarik perhatian siswa.
4.  Taktik dalam pembelajaran merupakan suatu langkah yang diambil agar metode yang digunakan berhasil dengan maksimal. Contoh jika dalam menggunakan metode ceramah siswa ada yang tidak memperhatikan, seorang guru bertanya kepada siswa yang ada disampingnya, atau langsung kepada siswa yang tidak memperhatikan tersebut, diberi pertanyaan yang mudah untuk dijawab. Biasanya siswa yang tadinya tidak memperhatikan tersebut menjadi memperhatikan. Ini salah satu taktik yang dipakai, tentu masih banyak lagi taktik yang lain.
5.  Model pembelajaran dapat diartikan sebagai bentuk keseluruhan atau bingkai dari proses pembelajaran sejak awal sampai proses pembelajaran tersebut selesai. Namun kadang model pembelajaran dapat juga disebut sebagai strategi pembelajaran. Untuk lebih jelasnya baca juga link di bawah ini.

http:// herdy07.wordpress.com
http://tulisendw.blogspot.com 


http://belajarpsikologi,com/macam-macam-teori-belajar/
http:udangmaterikuliah. blog spot.com 
http://islamblogku.blogspot.com.
http://as-samawat.blogspot.com/2012/07/metode-pembelajaran-pai.html
http://as-samawat.blogspot.com/2012/07/perbedaan-antara-strategi-metode-teknik.html



3 komentar:

  1. Terima kasih, memang istilah-istulah itu bisa bikin bingung karena cenderung mirip dan bisa tertukar-tukar jika tidak dicermati dengan baik.
    Salam. Meningkatkan minat dengan media pembelajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bapak Muhammad Faiq udah berkunjung dan memberikan komentnya, semoga menambah semanagat bagi kami.

      Hapus
  2. rani andela siska 02 Mai 2013

    terima kasih pak, ini sangat membantu saya dalam penulisan skripsi saya..
    pak saya membutuh kan referensinya pak.
    referensinya apa ya pak???

    BalasHapus